Saturday, January 11, 2003

ASLI ATAU PALSU



Majalah Cosmopolitan edisi Januari 2003 menyuguhkan permainan yang nyeleneh. Gem ini, disebut Cosmo, sebagai The Breast Test. Waow! Tak tanggung-tanggung lima halaman di isi foto-foto perempuan setengah badan yang sedang memerkan dada. Dan ini lah permainannya. Dua halaman pertama Anda disuruh menebak mana payudara yang asli dan mana yang telah disusupkan silikon ke dalamnya. Ada 22 dada (berarti ada 44 buah dada) yang sedang Anda lihat di sana. Dalam pengantarnya, si editor menulis, jika Anda berhasil menebak, "IQ Anda termasuk tinggi". Mmmm, okelah kita buka lagi halaman berikutnya.

Ini juga dua halaman. Kini wajah pemilik dada ditampilkan. Umur mereka antara 21 hingga 30. Mereka tersenyum. Nama-nama + umurnya ditulis di bawah foto mereka. Di bawahnya lagi, mereka mengaku apakah dada mereka asli atau palsu, maksudnya sudah disuntik silikon atau biarkan apa adanya. Si Nicole (25), misalnya, mengaku payudaranya asli. "I like my boobs. I don't need my boobs job..." Okelah, Nic, dadamu memang bagus, kokoh.

Nicole, yang wajahnya mirip Cynthia Nixon, pemeran Miranda Hobbes dalam serial televisi Sex and The City, boleh bangga, karena dua orang juri salah menebak. Dua juri ini laki-laki. Mereka mengaku sebagai aktor dan laki-laki biasa saja. Namanya Don Hany dan Keiran Tanner. Si Don dan Keiran ini menebak tidak hanya dengan melihatnya saja. Halaman berikutnya digambarkan bagaimana si Don memperoleh skor. Di sana ia dipotret sedang meraba dada dua orang perempuan. Tak hanya meraba, Don juga mengelusnya, "...with fingers to work..", memijit. Pokoknya, proses tak penting. Yang penting Don mampu menebak dengan benar. Dan Don dan Keirian, tentu saja, meraba dada sambil nyengir, meski kedua matanya ditutup. Dari 22 orang itu, Don dan Keirian hanya mampu menebak 15 dada dengan benar.

Di majalah itu tidak disebutkan untuk apa permainan itu diciptakan. Saya menebak mungkin sekedar gaya hidup saja. Cosmopolitan, yang sudah melanglang buana ke pelbagai negara dengan bahasa terjemahan masing-masing, tentu saja membidik pangsa anak muda. Jangan lupa, anak muda pun yang gaul, yang trendi, yang sibuk memikirkan parfum apa yang akan dipakai hari ini. Atau model gaun mana yang akan dipakai untuk pesta ulang tahun seorang teman. Pendeknya, anak muda disuruh konsumtif. Karena untuk bisa gaya, tampil cantik, tak bisa gratis.

Saya temukan majalah itu di perpustakaan kantor karena memang langganan. Setiap minggu saya wajib membaca Bintang Indonesia, atau majalah Djakarta!, dan Rakyat Merdeka. Untuk yang terakhir, saya penasaran akan dikasih judul apa peristiwa kemarin di Jakarta. Untuk majalah gaya hidup, saya suka ketawa bagaimana si wartawan mengejar-ngejar para artis untuk tahu berapa besar ongkos per minggu untuk merawat bulu mata, berapa kali seminggu Kris Dayanti operasi plasenta.

Kembali ke soal payudara. Saya menebak yang lain, Cosmo mungkin sedang mengajak para lelaki atau suami untuk mengenali payudara pacar-pacar dan istri-istri dengan cara manual. Cosmo sedang melek teknologi. Karena siapa tahu jika Clonaid berhasil mengklonigng seratus orang dengan kemiripan yang identik, seorang laki-laki bisa salah menggandeng pacara atau istrinya di suatu pesta. Jeli juga Cosmo ini. Maka, jika ingin tahu persis mana si istri, rabalah payudaranya. Rasakan, benarkan dia istri Anda yang benar, yang mau menyediakan teh manis pagi-pagi, yang maklum jika Anda tidur ngorok.

Setelah Clonaid mengklaim telah membuat Eve dengan cara kloning, bukan mustahil kan, pada 2010 ada 100 Madonna dilahirkan kembali. Siapa tahu, Anda ketiban pulung ketemu dengan salah satu Madonna dan kawin dengannya. 100 orang Madonna itu aseli lho. Bayangkan saja dulu, bagaimana rasanya Anda duduk berdua di kedai kopi dengan kembaran Anda yang mirip sama sekali dengan Anda. Cermin mungkin tak penting nanti.

Tapi itu masih klaim, seorang wartawan dan ilmuwan ternyata mengundurkan diri sebagai tim yang dibolehkan melihat langsung bayi Eve. Siapa tahu Clonaid bohong. Dan, ternyata, manusia memang tak bisa membuat manusia. Bukankah kursi tak bisa membuat kursi? Kursi dibuat oleh manusia dari kayu atau rotan atau besi dan dibuat dengan pelbagai bentuk. Untuk duduk agar betis Anda tak pegel. Siapa tahu itu untuk mendongkrak ketenaran Raelian: sekte yang percaya manusia diciptakan menalui proses genetik dengan teknologi tinggi oleh mahluk luar angkasa, di mana Brigitte Boisselier--pemimpin Clonaid--menjadi salah satu anggotanya. Ya, kita buktikan saja. Kemarin, untuk pertama kalinya, ada ilmuwan yang berhasil menguji secara ilmiah teori relativitas umum Albert Einstein.

MENULIS FEATURE


Farid Gaban

Mengapa feature?

Secara kasar karya jurnalistik bisa dibagi menjadi tiga:

  • Stright/spot News -- berisi materi penting yang harus segera dilaporkan kepada publik (sering pula disebut breaking news)
  • News Feature -- memanfaatkan materi penting pada spot news, umumnya dengan memberikan unsur human/manusiawi di balik peristiwa yang hangat terjadi atau de-ngan memberikan latarbelakang (konteks dan perspektif) melalui interpretasi.
  • Feature -- bertujuan untuk menghibur melalui penggunaan materi yang menarik ta-pi tidak selalu penting.

Dalam persaingan media yang kian ketat tak hanya antar media cetak melainkan juga an-tara media cetak dengan televisi, straight/spot news seringkali tak terlalu memuaskan.

Spot news cenderung hanya berumur sehari untuk kemudian dibuang, atau bahkan be-berapa jam di televisi. Spot news juga cenderung menekankan sekadar unsur elementer dalam berita, namun melupakan background.

Kita memerlukan berita yang lebih dari itu untuk bisa bersaing. Kita memerlukan news feature -- perkawinan antara spot news dan feature.

Karena tradisi ini relatif baru, kita perlu terlebih dulu memahami apa unsur-unsur dan as-pek mendasar dari feature.

Apakah feature?

Inilah batasan klasik mengenai feature: ''Cerita feature adalah artikel yang kreatif, kadang-kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi in-formasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan atau aspek kehidupan.''

Kreatifitas
Berbeda dari penulisan berita biasa, penulisan feature memungkinkan reporter ''men-ciptakan'' sebuah cerita. Meskipun masih diikat etika bahwa tulisan harus akurat -- karangan fiktif dan khayalan tidak boleh -- reporter bisa mencari feature dalam pikirannya, kemudian setelah mengadakan penelitian terhadap gagasannya itu, ia menulis.

Subyektifitas
Beberapa feature ditulis dalam bentuk ''aku'', sehingga memungkinkan reporter me-masukkan emosi dan pikirannya sendiri. Meskipun banyak reporter, yang dididik dalam re-porting obyektif, hanya memakai teknik ini bila tidak ada pilihan lain, hasilnya enak dibaca.

Tapi, reporter-reporter muda harus awas terhadap cara seperti itu. Kesalahan umum pada reporter baru adalah kecenderungan untuk menonjolkan diri sendiri lewat penulisan de-ngan gaya ''aku''. Kebanyakan wartawan kawakan memakai pedoman begini: ''Kalau An-da bukan tokoh utama, jangan sebut-sebut Anda dalam tulisan Anda.''

Informatif
Feature, yang kurang nilai beritanya, bisa memberikan informasi kepada masyarakat mengenai situasi atau aspek kehidupan yang mungkin diabaikan dalam penulisan berita biasa di koran. Misalnya tentang sebuah Museum atau Kebun Binatang yang terancam tutup.

Aspek informatif mengenai penulisan feature bisa juga dalam bentuk-bentuk lain. Ada ba-nyak feature yang enteng-enteng saja, tapi bila berada di tangan penulis yang baik, fe-ature bisa menjadi alat yang ampuh. Feature bisa menggelitik hati sanubari manusia untuk menciptakan perubahan konstruktif.

Menghibur
Dalam 20 tahun terakhir ini, feature menjadi alat penting bagi suratkabar untuk bersaing dengan media elektronika.

Reporter suratkabar mengakui bahwa mereka tidak akan bisa ''mengalahkan'' wartawan radio dan televisi untuk lebih dulu sampai ke masyarakat. Wartawan radio dan TV bisa mengudarakan cerita besar hanya dalam beberapa menit setelah mereka tahu. Se-mentara itu wartawan koran sadar, bahwa baru beberapa jam setelah kejadian, pem-bacanya baru bisa tahu sesuatu kejadian -- setelah koran diantar.

Wartawan harian, apalagi majalah, bisa mengalahkan saingannya, radio dan TV, dengan cerita eksklusif. Tapi ia juga bisa membuat versi yang lebih mendalam (in-depth) menge-nai cerita yang didengar pembacanya dari radio.

Dengan patokan seperti ini dalam benaknya, reporter selalu mencari feature, terhadap be-rita-berita yang paling hangat. Cerita feature biasanya eksklusif, sehingga tidak ada ke-mungkinan dikalahkan oleh radio dan TV atau koran lain.

Feature memberikan variasi terhadap berita-berita rutin seperti pembunuhan, skandal, bencana dan pertentangan yang selalu menghiasi kolom-kolom berita, feature bisa mem-buat pembaca tertawa tertahan.

Seorang reporter bisa menulis ''cerita berwarna-warni'' untuk menangkap perasaan dan suasana dari sebuah peristiwa. Dalam setiap kasus, sasaran utama adalah bagaimana menghibur pembaca dan memberikan kepadanya hal-hal yang baru dan segar.

Awet
Menurut seorang wartawan kawakan, koran kemarin hanya baik untuk bungkus kacang. Unsur berita yang semuanya penting luluh dalam waktu 24 jam. Berita mudah sekali ''pu-nah'', tapi feature bisa disimpan berhari, berminggu, atau berulan-bulan. Koran-koran kecil sering membuat simpanan ''naskah berlebih'' -- kebanyakan feature. Feature ini diset dan disimpan di ruang tata muka, karena editor tahu bahwa nilai cerita itu tidak akan musnah dimakan waktu.

Dalam kacamata reporter, feature seperti itu mempunyai keuntungan lain. Tekanan deadline jarang, sehingga ia bisa punya waktu cukup untuk mengadakan riset secara cer-mat dan menulisnya kembali sampai mempunyai mutu yang tertinggi.

Sebuah feature yang mendalam memerlukan waktu cukup. Profil seorang kepala polisi mungkin baru bisa diperoleh setelah wawancara dengan kawan-kawan sekerjanya, ke-luarga, musuh-musuhnya dan kepala polisi itu sendiri. Diperlukan waktu juga untuk meng-amati tabiat, reaksi terhadap keadaan tertentu perwira itu.

Singkat kata, berbeda dengan berita, tulisan feature memberikan penekanan yang lebih besar pada fakta-fakta yang penting -- fakta-fakta yang mungkin merangsang emosi (menghibur, memunculkan empati, disamping tetap tidak meninggalkan unsur infor-matifnya). Karena penakanan itu, tulisan feature sering disebut kisah human interest atau kisah yang berwarna (colourful).

Teknik penulisan
Jika dalam penulisan berita yang diutamakan ialah pengaturan fakta-fakta, maka dalam penulisan feature kita dapat memakai teknik ''mengisahkan sebuah cerita''. Memang itulah kunci perbedaan antara berita ''keras'' (spot news) dan feature. Penulis feature pada ha-kikatnya adalah seorang yang berkisah.

Penulis melukis gambar dengan kata-kata: ia menghidupkan imajinasi pembaca; ia me-narik pembaca agar masuk ke dalam cerita itu dengan membantunya mengidentifikasikan diri dengan tokoh utama.

Penulis feature untuk sebagian besar tetap menggunakan penulisan jurnalistik dasar, ka-rena ia tahu bahwa teknik-teknik itu sangat efektif untuk berkomunikasi. Tapi bila ada aturan yang mengurangi kelincahannya untuk mengisahkan suatu cerita, ia segera me-nerobos aturan itu.

''Piramida terbalik'' (susunan tulisan yang meletakkan informasi-informasi pokok di bagian atas, dan informasi yang tidak begitu penting di bagian bawah -- hingga mudah untuk dibuang bila tulisan itu perlu diperpendek) sering ditinggalkan. Terutama bila urutan pe-ristiwa sudah dengan sendirinya membentuk cerita yang baik.

Jenis-jenis Feature

  1. Feature kepribadian (Profil)

  2. Profil mengungkap manusia yang menarik. Misalnya, tentang seseorang yang secara dra-matik, melalui berbagai liku-liku, kemudian mencapai karir yang istimewa dan sukses atau menjadi terkenal karena kepribadian mereka yang penuh warna.

    Agar efektif, profil seperti ini harus lebih dari sekadar daftar pencapaian dan tanggal-tang-gal penting dari kehidupan si individu. Profil harus bisa mengungkap karakter manusia itu. Untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, penulis feature tentang pribadi seperti ini seringkali harus mengamati subyek mereka ketika bekerja; mengunjungi rumah mereka dan mewawancara teman-teman, kerabat dan kawan bisnis mereka.

    Profil yang komplit sebaiknya disertai kutipan-kutipan si subyek yang bisa meng-gambarkan dengan pas karakternya. Profil yang baik juga semestinya bisa memberikan kesan kepada pembacanya bahwa mereka telah bertemu dan berbicara dengan sang tokoh.

    Banyak sumber yang diwawancara mungkin secara terbuka berani mengejutkan Anda de-ngan mengungkap rahasia pribadi atau anekdot tentang si subyek. Tapi, banyak sumber lebih suka meminta agar identitasnya dirahasiakan. Informasi sumber-sumber itu penting untuk memberikan balans dalam penggambaran si tokoh.

  3. Feature sejarah
    Feature sejarah memperingati tanggal-tanggal dari peristiwa penting, seperti proklamasi kemerdekaan, pemboman Hiroshima atau pembunuhan jenderal-jenderal revolusi. Koran juga sering menerbitkan feature peringatan 100 tahun lahir atau meninggalnya seorang tokoh.

    Kisah feature sejarah juga bisa terikat pada peristiwa-peristiawa mutakhir yang mem-bangkitkan minat dalam topik mereka. Jika musibah gunung api terjadi, koran sering memuat peristiwa serupa di masa lalu.

    Feature sejarah juga sering melukiskan landmark (monumen/gedung) terkenal, pionir, fi-losof, fasilitas hiburan dan medis, perubahan dalam komposisi rasial, pola perumahan, makanan, industri, agama dan kemakmuran.

    Setiap kota atau sekolah memiliki peristiwa menarik dalam sejarahnya. Seorang penulis feature yang bagus akan mengkaji lebih tentang peristiwa-peristiwa itu, mungkin dengan dokumen historis atau dengan mewawancara orang-orang yang terlibat dalam peristiwa-peristiwa bersejarah.
  4. Fature petualangan
    Feature petualangan melukiskan pengalaman-pengalaman istimewa dan mencengangkan -- mungkin pengalaman seseorang yang selamat dari sebuah kecelakaan pesawat ter-bang, mendaki gunung, berlayar keliling dunia, pengalaman ikut dalam peperangan.

    Dalam feature jenis ini, kutipan dan deskripsi sangat penting. Setelah bencana, misalnya, penulis feature sering menggunakan saksi hidup untuk merekontruksikan peristiwa itu sendiri. Banyak penulis feature jenis ini memulai tulisannya dengan aksi -- momen yang paling menarik dan paling dramatis.
  5. Feature musiman
    Reporter seringkali ditugasi untuk menulis feature tentang musim dan liburan, tentang Ha-ri Raya, Natal, dan musim kemarau. Kisah seperti itu sangat sulit ditulis, karena agar tetap menarik, reporter harus menemukan angle atau sudut pandang yang segar.

    Contoh yang bisa dipakai adalah bagaimana seorang penulis menyamar menjadi Sin-terklas di Hari Natal untuk merekam respon atau tingkah laku anak-anak di seputar hara raya itu.
  6. Feature Interpretatif
    Feature dari jenis ini mencoba memberikan deskripsi dan penjelasan lebih detil terhadap topik-topik yang telah diberitakan. Feature interpretatif bisa menyajikan sebuah or-ganisasi, aktifitas, trend atau gagasan tertentu. Misalnya, setelah kisah berita meng-gambarkan aksi terorisme, feature interpretatif mungkin mengkaji identitas, taktik dan tujuan terotisme.

    Berita memberikan gagasan bagi ribuan feature semacam ini. Setelah perampokan bank, feature interpretatif bisa saja menyajikan tentang latihan yang diberikan bank kepada pegawai untuk menangkal perampokan. Atau yang mengungkap lebih jauh tipikal pe-rampok bank, termasuk peluang perampok bisa ditangkap dan dihukum.
  7. Feature kiat (how-to-do-it feature)
    Feature ini berkisah kepada pembacanya bagaimana melakukan sesuatu hal: bagaimana membeli rumah, menemukan pekerjaan, bertanam di kebun, mereparasi mobil atau mem-pererat tali perkawinan.

    Kisah seperti ini seringkali lebih pendek ketimbang jenis feature lain dan lebih sulit dalam penulisannya. Reporter yang belum berpengalaman akan cenderung menceramahi atau mendikte pembaca -- memberikan opini mereka sendiri -- bukannya mewawancara sum-ber ahli dan memberikan advis detil dan faktual.


Rujukan:

FEATURE WRITING FOR NEWSPAPER, Daniel R. Williamson 1980
REPORTING FOR THE PRINT MEDIA, Fred Fedler, 1989